Breaking News

Ciri dan Prinsip yang Sering Kita Jumpai pada Bangunan Bergaya Kontemporer



Arsitektur Kontemporer



Salah satu konsep yang terdapat didalam sekian banyak konsep lainnya yaitu konsep kontemporer. Dalam pengertian kali ini kontemporer dalam konsep arsitektur dapat diartikan sebagai “suatu desain yang lebih maju, variatif, fleksibel, dan inovatif, baik secara bentuk maupun tampilan, jenis material, pengolahan material, bentuk asimetris maupun teknologi yang digunakan dan menjadi trand pada tahun-tahun terakhir. Desain yang kontemporer menampilkan gaya yang lebih baru. Gaya lama yang diberi label kontemporer akan menghasilkan suatu desain yang lebih segar dan berbeda dari keiasaan.
Umumnya desain interior kontemporer lebih sederhana dan minim ornamen tetapi lebih berani dengan memainkan corak. Bagaimana menjadikan rumah tampil sebagaimana rumah kontemporer. Ciri desain interior kontemporer yaitu :
  1. Pencahayaan dan sirkulasi. Umumnya desain interior kontemporer terdiri dari jendela dan angin-angin   yang berukuran lebih lebar.
  2. Konsep terbuka. Desain interior rumah kontemporer tidak memiliki banyak sekat antar ruang.
  3. Warna netral. Desain interior rumah kontemporerumumnya menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu dan coklat.
  4. Material alam seperti beberapa bebatuan dan kayu. Anda dapat juga menggunakan  bahan lain seperti wool, katun atau bahan lainnya.
  5. Furniture ramping. Hindari penggunaan sofa, sebagai gantinya anda dapat menggunakan meja dan kursi yang memiliki kaki untuk menjadikan ruangan tampak lebih luas. 
  6. Dominasi Elemen Garis. Salah satu ciri desain kontemporer adalah penggunaan permainan garis lurus yang berulang baik dalam posisi vertikal maupun horizontal. Elemen garis ini dapat diperoleh dari furniture, bukaan, warna atau sengaja ditambahkan elemen garis pada ruangan.



Prinsip-Prinsip Arsitektur Kontemporer



Prinsip-prinsip dalam arsitektur kontemporer meliputi:
·         Prinsip Rasional
1.    Koordinasi dari unit-unit dalam massa bangunan
2.    Penentuan dimensi elemen-elemen yang sesuai skala manusia
3.    Sistem Struktur
4.    Semua elemen-elemen di atas harus mampu menampilkan sesuatu logika tertentu; pengungkapan struktur bangunan; proporsi; dan sistem struktur yang jelas.
·         Prinsip Simbolik
1.    Kebenaran artistik
2.    Kekuatan persepsi
3.    Proses kontemporer suatu bangunan harus menampilkan: proporsi, irama, dimensi, ornamen, warna, iluminasi dan bahan.

Prinsip Psikologik
            Prinsip psikologik merupakan perwujudan dan kombinasi dari dua prinsip di atas, prinsip ini sendiri cenderung terus berubah-ubah sesuai tahap bahkan cenderung berulang-ulang. Dari sinilah pentingnya suatu gagasan/pemecahan yang mampu memberi dan menjawab permasalahan dikemudian hari.


Pemikiran-Pemikiran Tentang Arsitektur Kontemporer


 

Pemikiran tentang arsitektur kontemporer bermula dari seorang kritikus bernama Christian Norberg-Schultz yang berpendapat bahwa kata ‘teori’ adalah begitu usang dan sering begitu jauh tergeser dari pertimbangan praktis, sehingga teori-teori arsitektur cenderung tidak dapat dipercaya. Konsep dari ‘teori perancangan’ atau ‘teori arsitektur’ sering diterima dengan penafsiran yang berbeda dari waktu ke waktu. Karya arsitektur suatu zaman belum tentu dapat diterima di zaman sesudahnya, atau pemecahan masalah arsitektur di saat ini bisa jadi masalah baru di masa depan.
Berikut ini adalah tokoh-tokoh arsitektur yang pernah menghasilkan teori atau karya kontemporer:
1.    Piet Blom (Arsitek kebangsaan Jerman)
            Susunan seluruh dari lingkungan binaan harus dapat diperluas selama satu periode waktu, tanpa perubahan-perubahan besar pada rupa keseluruhan. Hal ini mengacu pada penyesuaian-penyesuaian terhadap tata guna baru di masa depan.
2.    Herman Hertzberger
            Herman Hertzberger adalah seorang arsitek struktural. Dalam prinsip kontemporernya ia menyebutkan:
Sebuah penciptaan dimulai dari struktur yang memudahkan kontak sosial, perbaikan kondisi sosial, lingkungan dan kehidupan yang mengarah pada arsitektur manusiawi. Bentuk-bentuk arsitektur kontemporer meliputi bentuk-bentuk yang tidak akan netral; sebaliknya ia akan banyak mengandung banyak tawaran.
3.    Hans Hollein
            Setiap elemen arsitektur adalah suatu pembawa informasi yang penting. Arsitekturkontemporer adalah suatu media dari informasi yang berbalasan dari bangunan ke penerimanya. Bentuk seperti fungsi , bentuk menciptakan fungsi, bentuk adalah bagian integral dari kadar spiritual bagi pernyataan bangunan.
4.    Arata Isozaki
            Arata Isozaki adalah orang yang pertama kali memperkenalkan gagasan ‘metabolisme arsitektur’ ia mengungkapkan bahwa: penggabungan dari elemen-elemen ruang geometrik yang jelas dan transformasi akan menonjol dan mencirikan ketentuandari elemen ruang. Pengaturan objek-objek dalam ruang mempunyai arti tersendiri dan simbolik, struktur dari objek-objek tersebut tidak bergantung pada konstruksi ataupun fungsi.
5.    Louis I Kahn
            Louis Kahn merupakan arsitek internasional yang dipengaruhi oleh banyak gaya-gaya internasional aeperti Le Corbusier dan Mies Van der Rohe. Bagi Kahn arsitektur dimulai dari ‘dimana fungsi-fungsi telah dibentuk dengan jelas’, artinya arsitektur adalah ruang-ruang yang terbentuk dari fungsi-fungsi yang ada pada bangunan. Kahn menyebutkan lagi bahwa: bukanlah ruang jika orang tidak dapat memahami bagaimana ruang itu diciptakan. Dari sini jelaslah bahwa Louis Kahn merupakan salah satu pendukung arsitektur kontemporere, namun ia sendiri menghormati gerakan arsitektur modern.
Prinsip-prinsip kontemporer Louis Kahn meliputi:
1.    Artikulasi adalah bagian badan bangunan yang akan memperjelas ruag-ruang atau lantai-lantai ‘pelayanan’ dan ‘dilayani’
2.    Ruang harus bersifat mengundang untuk dipakai.
3.    Harmoni diantara bahan, bentuk dan proses pabrikasi, jadi rancangan harus mempertimbangkan hukum-hukum yang menjadi dasar penyesuaian bahan.
4.    Pembatasan terhadap satu atau beberapa bahan
5.    Penekanan bentuk ruang sesuai dengan karakternya, pencarian bentuk adalah hasil sari suatu tindakan kreatif
6.    Sejauh mungkin terangi ruangan dengan cahaya alamiah

Penutup 
     Semoga apa yang saya informasikan dapat bergunan dan bermanfaat untuk para pembaca, saya akan terus menginformasikan arsitektur rumah hunia.Sampai jumpa dan terima kasih sudah membaca artikel pendek saya.

1 komentar:

  1. SALAM KENAL SAYA DI RI TOKO KUSEN KAYU Ciledug, jika butuh kusen klik https://pspkusenpage4me.page4.me/ Terima kasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.