Breaking News

Pengertian, Sejarah, Ciri-ciri Rumah Bergaya Art Deco di Dunia


PENGERTIAN ART DECO

Art Deco adalah sebuah gaya arsitektur yang berkembang sekitar tahun 20an-30an, dimana gaya ini sangat memperhatikan detail ornamentasi bangunan. Art Deco banyak digunakan oleh arsitek Belanda di Indonesia pada masa penjajahan yang akhir sekitar tahun 30-40an tersbut dengan memasukan banyak dekorasi dari seni Art Deco yang merupakan kumpulan dari berbagai seni ornamen dari seluruh dunia yang di adaptasi menjadi gaya arsitektur ornamentatif Art Deco. Sebagai gaya yang mengedepankan ornamn, fasad bangunan menjadi sangat penting, dimana waktu itu berkembang arsitektur moderen sebagai panduan sistem struktur yang didukung oleh elemen dekorasi dari Art Deco.

SEJARAH ART DECO
Setelah Eksposisi Dunia 1900, berbagai seniman Perancis membentuk sebuah kelompok  seniman dekorasi resmi yaituh ,La Société des artistes décorateurs. Para pendirinya antara lain adalah Hector Guimard,Eugène Grasset, Raoul Lachenal, Paul Follot, Maurice Dufrene dan Emile Decour. Para seniman ini sangat mempengaruhi prinsip-prinsip Art Deco pada umumnya.  Art Deco adalah sebuah gerakan desain yang populer yang dimulai dari 1920 hingga 1939, Nama Art Deco diberikan sebagai nama lambang kemajuan peradaban yang popular antara tahun 1920 sampai dengan 1930. Maksud perhimpunan ini adalah memperlihatkan desain tempat terkemuka dan evolusi seni dekoratif Perancis secara internasional.
Wajarlah bila mereka mengorganisir Exposition Internationaledes Arts Décoratifs et Industriels Modernes (Eksposisi Internasional untuk Seni Industri dan Dekoratif Modern) pada 1925 yang menampilkan seni dan kepentingan bisnis Perancis. Gerakan awal ini disebut Style Moderne. Periode atau Gaya Periode Modern antara dua perang dunia inilah "Art Deco" sebuah langgam eklektik muncul dengan menyatukan kosa-kosa bentuk dari berbagai sumber. Dimulai dari Perancis kata Art Deco merupakan singkatan dari Art Decoratif yang muncul dalam nama penyelenggaraan pameran "Exposition Internationale des Arts Decoratifs et Industriels Modernes" 1 pada tahun 1925. Dalam pameran inilah ditampilkan langgam baru dalam desain untuk seni terap dan arsitektur yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Art Deco adalah sebuah kontradiksi yang terlahir diantara kegemilangan tahun 20-an dan depresi (tekanan) tahun 30-an.
Ketika orang ingin melupakan trauma perang dunia, menikmati hidup dan melihat ke masa depan, tampilah Art Deco yang mewakili pola kehidupan keseharian dan gaya elegan, canggih dan modern. Langgam baru ini mewarnai dan terlahir bersamaan munculnya gaya hidup baru yang mengekspresikan kemakmuran hidup. Fashion, grafis, desain produk dan film menampilkan idiom-idiom yang sama pada saat yang bersamaan. Hiburan dan perjalanan menjadi berita-berita baru sebagai perayaan lahirnya era komersialisme dan teknologi baru seiring dengan munculnya kecepatan sebagai metafora pada era modern.  art deco sangat mempengaruhi seni dekoratif waktu itu yang berkembang seperti arsitektur, desain interior, dan desain industri, maupun seni visual seperti misalnya fesyen, lukisan, seni grafis,bangunan  dan film. Gerakan ini pada awal mulanya dalam pengertian tertentu, Popularitasnya memuncak pada 1920-an.
CIRI-CIRI ART DECO


Ciri-ciri karya Art Deco antara lain :
1.      Biasanya menggunakan ornament-ornamen tradisional atau historikal.
2.      Bersifat inovatif dan eksperimentatif.
3.      Bangunan bertema Art Deco, biasanya bentuk bangunannya geometris dan dekorasinya dalam bentuk garis-garis lengkung dan zig-zag.
4.      Arsitekturnya merupakan arsitektur ornament, geometri, energi, retrospeksi, optimisme, warna, tekstur, cahaya, dan simbolisme.
5.      Garis-garis lengkung yang biasa digunakan merupakan melambangkan ekspresi gerak, teknologi modern, dan rasa optimisme.




Penutup
Semoga apa yang saya informasikan dapat bergunan dan bermanfaat untuk para pembaca, saya akan terus menginformasikan arsitektur rumah hunia.Sampai jumpa dan terima kasih sudah membaca artikel pendek saya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.