Breaking News

Elemen Rumah Kontemporer dalam Bentuk, Komposisi Ruang, Material, Jendela, Dinding, Atap


Elemen Rumah Kontemporer
  • Bentuk

Elemen Rumah Kontemporer dalam Bentuk, Komposisi Ruang, Material, Jendela, Dinding, Atap

Dapat kita lihat dan amati bahwa unsur dominan yang ada dalam arsitektur adalah garis lurus. Arsitektur kontemporer cenderung menjauhi kebiasaan ini dengan lebih sering menggunakan garis melengkung sebagai gantinya.
Dalam beberapa contoh, sebuah bangunan ada yang seluruhnya dirancang dengan garis lengkung. Dalam contoh lain, ada pula yang dirancang dengan menggabungkan garis melengkung dan garis lurus.
  • Komposisi Ruang


Penggunaan garis lengkung juga memungkinkan terciptanya bentuk ruang lain selain kubus.Dalam arsitektur kontemporer, orang melihat bangunan dalam bentuk bulat. Saat arsitektur kontemporer menggunakan garis lurus, akan tercipta komposisi ruang yang lebih unik.
Komposisi ruang ini memungkinkan terciptanya ruang interior yang lebih hidup dengan layout yang tidak biasa. Jika Anda menyukai sesuatu yang tidak biasa, arsitektur kontemporer adalah pilihan yang cocok.
  • Material Baru


Ciri lain dari arsitektur kontemporer adalah penggunaan material baru pada interior dan eksterior. Bahan-bahan tradisional seperti kaca, kayu, batu bata, dan logam lebih disukai. Tanaman juga sering digunakan dalam arsitektur kontemporer, terutama pada atap atau pada dinding.
  • Memperhatikan Lingkungan


Ecohousing merupakan karakteristik yang kerap digunakan dalam arsitektur kontemporer. Banyak bangunan konvensional memakai elemen yang ramah lingkungan dan hemat energi.Dalam konstruksi perumahan, arsitektur kontemporer memiliki tujuan untuk mengintegrasikan rumah dengan alam sekitarnya. Tujuannya bukan hanya untuk melindungi lingkungan dari gangguan, tetapi juga untuk menambahkan karakter khusus pada rumah.
  • Jendela

Elemen Rumah Kontemporer dalam Bentuk, Komposisi Ruang, Material, Jendela, Dinding, Atap
https://rumahkita.id 

Jendela yang lebih besar dan lebih banyak juga merupakan ciri arsitektur kontemporer. Jendela biasanya diletakkan pada posisi yang unik. Jika Anda menyukai cahaya alami dan sangat menyukai pemandangan, arsitektur kontemporer dapat menjadi pilihan.
Namun, jika Anda sangat memperhatikan privasi dan berencana untuk membangun rumah di perkotaan di mana ada tetangga di dekatnya, perlu diperhatikan mengenai penempatan jendela.
  • Dinding

Dinding pada gaya kontemporer bisa menggunakan pasangan bata untuk menimbulkan kesan bahan alam dan terlihat sangat harmonis.
  •  Atap


Rumah bergaya kontemporer yang menggunakan atap datar untuk menyatukan rumah dengan lingkungan alam lebih mudah, sehingga tercipta sebuah harmoni.Pada atapnya yang datar, beberapa panel surya akan dihadirkan untuk memanfaatkan sinar matahari, terutama pada rumah kontemporer di daerah beriklim hangat.
Atap datar dapat menawarkan efisiensi energi yang lebih di rumah kontemporer berkat ketiadaan atap dengan puncak-puncak tinggi atau loteng yang mengurangi kehangatan dan panas dari dalam rumah.


Penutup
 Semoga apa yang saya informasikan dapat bergunan dan bermanfaat untuk para pembaca, saya akan terus menginformasikan arsitektur rumah hunia.Sampai jumpa dan terima kasih sudah membaca artikel pendek saya.
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.