Breaking News

Bangunan Rumah Kontemporer Indonesia Besrta Kekurangan dan Keuntungan



Arsitektur Rumah Bergaya Kontemporer


Arsitektur Kontemporer adalah gaya arsitektur yang bersifat "lebih maju, variatif, fleksibel, dan inovatif" baik dalam segi olah bentuk/fasab bangunan, penggunaan jenis material dan bahkan pemanfaatan teknologinya. Biasanya kata kontemporer melekat pada suatu gaya arsitektur lainnya, seperti modern kontemporer, klasik kontemporer, minimalis kontemporer, dll.
Beberapa arsitek kontemporer dunia, antara lain:
  1. Frank Gehry, arsitek yang kerap mendapat penghargaan ini nyata sekali akan karya-karyanya di bidang arsitektur kontemporer. Dengan aliran dekonstruksifisme, aliran pasca-modern yang tidak berakar pada forms-follow-functions, maha karya Gehry terkenal provokatif dengan penggunaan material terkini. Contoh karya: Walt Disney Concert Hall, Guggenheim museum Bilbao
  2. Moshe Safdie, juga berkontribusi dalam karya arsitektur kontemporer. Bangunan perumahan Habitat 67 di Montreal salah satu contohnya. Permainan bentuk geometri yang sangat terasa secara tiga dimensi, menjadikan masa bangunan ini sangat provokatif dari segala sudut.
  3. Rem Koolhaas, kerap mengusung tema geometris dalam karya-karya kontemporernya. Karya spektakulernya untuk China Central Television di Beijing mengedepankan teknologi desain struktur baja dengan detail kantilever horizontal sejauh 75 meter dan setinggi 162 meter. Tampilan geometri gedung yang asimetrikal dan penggunaan material modern sangat mencirikan arsitektur kontemporer.

Bangunan Kontemporer Indonesia



Bangunan kontemporer di Indonesia yang diulas dalam buku tersebut memiliki kesamaan dan ciri khas berupa, banyaknya penggunaan material kaca sebagai pelindung, bentuk yang jujur mengikuti fungsi, horizontalisme dan bentuk geomeri yang kuat.Arsitektur kontemporer Indonesia adalah bentuk karya Seni arsitektur terbaru yang dibangun di Indonesia.
Dalam buku Indonesian Architecture Now , karya Imelda Akmal, digambarkan karya-karya arsitektur yang kontemporer yang terdapat di Indonesia. Karya ini dibangun dalam satu dasawarsa terkahir dan cukup menggambarkan trend arsitektur dalam negeri. Berdasarkan karya-karya yang diulas di dalam buku tersebut, dapat kita simpulkan bahwa trend yang berkembang dlam satu dasawarsa terakhir didominasi oleh pengaruh langgam.




Arsitektur modern yang memiliki kesamaan ekspresi dan seni dengan karya arsitektur modern dari belahan dunia barat di dekade 60-an. Bahkan trend untuk memasukkan icon desain berupa perabotanpun dimasukkan. Karya-karya arsitektur kontmeporer Indonesia memiliki kesamaan dengan karya Mies van de Rohe, Wassily karya Marcel Breuer atau kursi B306 chaise-lounge karya Le Corbusier dan lounge chair karya Charles Eames -beberapa nama besar dalam arsitektur modern- dengan konteks negeri tropis.
Sejara Arsitek Kontemporer di Indonesia merupakan suatu terobosan baru dengan gaya dan bentuk arsitek yang lebih modern dan elegan .kenapa Arsitek Kontemporer bisa ada di indonesia bisa kita simpilkan bahwa,semua ini karena ketidak puasan konsumen masyarakat tentang suatu karya Arsitek,dan dari situlah mulai muncul dengan beragam Arsitek modern di indonesia salah satunya adalah Arsitektur Kontemporer.

Kekurangan dan Keuntungan Arsitektur Kontemporer


Kekurangan Arsitek Kontemporer
Kekurangan Arsitek Kontemporer yaitu bisa kita simpulkan bahwa dari sekian banyak gaya Arsitek Kontemporer di Indonesia ,menghilangkan nilai-nilai Arsitektur tradisional yang ada,dengan gaya Arsitektur yang menumental dan di lengkapi dengan material-materila kaca sebagai pelindung bangunan,dan juga penggunaan sistem-sistem canggih di dalam karya tersebut.
Keuntungan dari Arsitektur Kontemporer
Arsitektur Kontemporer selalu berubah mengikuti trend yang ada,dan juga mengikuti erah globalisasi yang ada,dengan mencibtakan beragam karya Arsitektur Kontemporer yang berubah-ubah dari Tahun ke Tahun.dengan menggunakan sistem-sistem canggih dalam karya-karya tersebut.

Penutup 
Semoga apa yang saya informasikan dapat bergunan dan bermanfaat untuk para pembaca, saya akan terus menginformasikan arsitektur rumah hunia.Sampai jumpa dan terima kasih sudah membaca artikel pendek saya.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.