Breaking News

Desain dan 7 Konsep Yang Sering di Gunakan Pada Rumah Hunian Minimalis


Desain Rumah Minimalis

 

Rumah Minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Karya arsitektur bangunan, termasuk rumah minimalis, merupakan pilihan-pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya. Bukan sekadar latah ikut-ikutan tren minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan.
Rumah minimalis pun hadir dengan karakter lebih jelas, lebih baik dan lebih kuat dengan ruang- ruang yang kosong. Prinsipnya semakin sederhana, maka kualitas desain, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik. John Pawson yang dianggap sebagai guru “minimalisme” menghadirkan desain rumah yang minim garis, suasana yang hening dan indah. Namun perlu dicatat terlalu minimalis akan menjadi steril, tunggal rupa, dan cenderung membosankan.

Konsep Rumah Minimalis
 

Filosofi dari makna minimalis adalah mewakili gaya hidup yang praktis, dinamis, ringkas, efektif dan efisien. Semua filosofi tersebut bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan termasuk arsitektur bangunan rumah, interior ruang, dan eksterior taman. Konsep rumah minimalis adalah terjemahan sebuah gaya dan pola kehidupan masa sekarang yang serba cepat, simple, instan tetapi mengutamakan kualitas.

Berikut ini adalah beberapa konsep rumah minimalis:

  • Bertujuan meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan (eksterior dan interior) dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebih di dalam ruang tersebut.
  • Minimalis menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian banyak ornamen dekoratif, pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang-ruang yang tercipta ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernij aksesori di dalamnya.
  • Mengoptimalkan sirkulasi udara segar yang sehat dan pencahayaan sinar matahari yang berlimpah sehingga ruang menjadi terasa lega.
  • Pemakaian bahan-bahan sederhana (unsur kesederhanaan yang kuat) bukan kemewahan dengan material mahal. Penggunaan material alam (unsur keselarasan dengan alam) tetap bisa membuat bangunan rumah dan taman tetap bisa tampil optimal.
  • Mementingkankan unsur kebersihan sehingga lebih mengutamakan pada fungsi dengan corak yang cenderung polos
  • Menggunakan fasad rumah yang didesian dengan lebih sederhana sehingga terkesan bersih dan lapang
  • Cenderung menghindari design yang penuh degan lekukan dan tonjolan yang melengkung serta menggunakan finishing warna grayscale yang sempurna.


Penutup 

Semoga apa yang saya informasikan dapat bergunan dan bermanfaat untuk para pembaca, saya akan terus menginformasikan arsitektur rumah hunia.Sampai jumpa dan terima kasih sudah membaca artikel pendek saya.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.